Cara Buat Blog Gratis Dengan Blogspot

Sebenarnya banyak sekali blog yang membahas tentang cara membuat blog gratis, bagi anda yang baru sekali ke dunia blogging alangkah baiknya membaca dulu artikel Cara Praktis Membuat Blog Sukses bagi Pemula, agar memahami konsep dasar sebagai seorang blogger.

Pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat blog dengan mudah, bagi teman-teman yang masih bingung apa itu blog bisa lihat artikel sebelumnya tentang Perbedaan Website dan Blog serta pengertiannya secara garis besar.

Tapi cara dibawah ini tidak menjadikan patokan untuk membuat blog, karena sewaktu - waktu blogger selalu merubah tampilannya dari tahun ke tahun, tetapi jangan kawatir pada dasarnya konsepnya sama dan tidak perubahan. Dan insya Allah akan saya update setiap ada pergantian tampilan, mohon berkomentar jika terjadi perubahan.

O ya artikel ini tidak disarankan hanya bagi para nembi yang masih baru, untuk membuat sebuah blog pada dasarnya sangat mudah apalagi yang sudah pernah membuat email. Dan layanan untuk membuat blog banyak sekali diantaranya Blogger.comWordpress.comdan lain sebagainya. 

Untuk pembahasan kali ini kita akan coba bagaimana membuat blog di blogger.com, karena blogger/blogspot adalah salah satu layanan untuk membuat blog gratis dan tampilannya sangat sederhana sehingga mudah untuk dipelajari. Serta mudah artikelnya untuk terindex di google karena masih dalam satu platform yang sama dengan blogspot sehingga pembuatan akun pun tidak perlu beberapa kali cukup satu kali tapi bisa digunakan dan di integrasikan pada beberapa flatform lainnya.

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot

  Gambar 1


Untuk langkah pertama silahkan berkunjung ke situs blogger terlebih dahulu, maka akan muncul jendela seperti dibawah ini.

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot


                                                                                              Gambar 2


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot

  Gambar 3

kemudian bagi yang sudah pernah membuat email di gmail langsung saja agan bisa  sign in dengan memasukan alamat email dan password, karena blogger sudah terintegrasi dengan gmail jadi agan tidak perlu repot-repot lagi membuat akun baru. bagi yang belum mempunyai email, bisa terlebih dahulu membuat akun secara langsung dengan mengklik opsi lainnya kemudian klik tombol "buat akun" yang ada dipojok bawah dan klik tombol berikutnya, setelah itu silakan diisilah kolom yang ada dengan identitas yang diminta, kalo masih bingung pengisian identitas bisa lihat artikel berikut.



Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot

  Gambar 4

Setelah diisi dengan identitas kemudian klik "langkah berikutnya" sampai prosesnya beres dan berhasil. Apabila sudah berhasil menyelesaikan langkah diatas, kemudian untuk langkah selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut, 

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot
 Gambar 5

Diatas akan terdapat dua pilihan untuk mengisi profil identitas diri agan, silahkan agan tentukan pilihannya, jika profilnya akan disesuaikan dengan google + maka pilihlah profil google +, jika ingin membuat profil samaran bisa menggunakan profil terbatas. boleh ditambahkan gambar profilnya. setelah menentukan pilihan maka akan lanjut kelangkah berikutnya untuk memberikan nama tampilan profil blogger agan. Bisa diisi dengan nama keyword nice blog agan nanti.


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot
 Gambar 6

Setelah beres mengisi kemudian klik tombol Lanjutkan ke Blogger, maka kita akan masuk langsung ke dashboard blog. Dimana fungsi dashboard ini adalah untuk memodifikasi dari tampilan blog yang akan kita buat nanti.


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot

 Gambar 7


Untuk membuat blog baru silahkan agan klik tombol dipojok kiri atas kemudian klik Blog baru.

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot


Gambar 8

Setelah agan klik maka kita akan diarahkan pada jendela pembuatan blog baru seperti pada tampilan dibawah ini.

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot
Gambar 9

Disini agan diminta untuk mengisi Judul dan alamat blog agan, isilah Judul pada kolom judul yang berfungsi untuk memberikan nama blog, kemudian kolom alamat diisi dengan alamat yang agan inginkan sebagai alamat blog nantinya. Untuk kolom alamat diisi sampai berhasil dan muncul ceklisan serta ditandai dengan tulisan "alamat blog ini tersedia", agar cepat didalam pengisian kolom alamat kombinasikan dengan tanggal atau tahun atau dengan kata-kata yang unik dan mudah diingat. 

Langkah selanjutnya memilih template untuk membuat tampilan blog agar lebih menarik, silahkan dipilih salah satu template yang menurut agan paling menarik, apabila sudah selesai semua langkah diatas maka untuk selanjutnya klik tombol "Buat Blog" sambil menunggu beberapa saat sampai blog yang kita buat berhasil. Apabila berhasil maka kita akan dibawa menuju halaman berikutnya.

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot

Gambar 10

Sampai pada langkah ini agan sudah berhasil membuat sebuah blog pribadi. 

PENJELASAN GAMBAR DIATAS

"Buat Entri Baru/Untuk Membuat Konten" berfungsi untuk membuat artikel baru. Dimana pada halaman ini agan bisa membuat artikel yang diinginkan sesuai dengan tema blog yang sudah agan buat. kalo di klik maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot
Gambar 11


Silahkan diisi langkah A untuk judul artikel, kemudian langkah B untuk isi artikel yang diinginkan, dan untuk langkah C jangan lupa untuk dipublikasikan, sehingga artikel yang dibuat akan muncul dihalaman blog agan. Pada halaman pembuatan artikel sangatlah mudah karena pengeditannya seperti mengetik di MsWord.


"Navigasi Dashboard Blogger" pada tombol ini terdapat beberapa baris perintah yang berfungsi untuk memodifikasi blog yang sudah kita buat, sekilas akan kita uraikan fungsi dari masing-masing tombol tersebut diantaranya :


Ikhtisar: fungsinya sebagai data statistik tentang blog agan, diantaranya menampilkan jumlah postingan, jumlah artikel, dan jumlah pengunjung.

Pos: untuk menampilkan daftar artikel yang sudah ditulis, sudah diterbitkan, dan artikel yang masih dalam bentuk draft.


Laman: Halaman statis page blog. Biasanya digunakan untuk halaman About, dan lain-lain
.


Komentar: Pada halaman ini agan bisa melihat komentar-komentar yang masuk, selain itu agan juga bisa mengedit atau bahkan menghapus komentar yang tidak diinginkan.



Google+: merupakan akun sosial media dari Google yang bisa digunakan untuk blog agan sebagai media promosi artikel agan



Statistik: Data detail tentang trafik pengunjung blog agan.



Tata Letak: Pada halaman ini agan bisa mengatur layout blog agan, menambahkan atau mengatur posisi tata letak tampilan.



Template:  Pada halaman ini agan bisa mengganti / merubah template yang sesuai dengan keinginan.



Setelan: Halaman ini digunakan untuk mengatur setelan blog, pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

      "Lihat Blog"  fungsi tombol ini untuk melihat hasil dari blog beserta artikel-artikel yang telah dibuat sebelumnya.

      Silahkan berekperimen untuk memulai membuat blog dengan artikel baru.


      Demikian artikel tentang Cara Buat Blog Gratis dengan Blogspot secara garis besarnya,  mudah-mudahan ada manfaatnya. apabila teman-teman mau menambahkan atau bertanya, silahkan dikomentar.

        0 Response to "Cara Buat Blog Gratis Dengan Blogspot"

        Post a Comment

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel