6 Cara Memposting Artikel di Blog dengan Mudah untuk Pemula

Membuat blog tentunya tidak terlepas dari aktivitas membuat artikel, langkah awalnya sangat sederhana sebenarnya blog didesain seperti kita membuat tulisan dengan MS Word. Atau membuat email.

Bagi agan yang sudah terbiasa dengan dengan aplikasi penulis kata tentunya tidak akan sulit untuk membuat tulisan di blog. Tetapi tidak ada salahnya saya coba untuk menjelaskan bagian – bagian terpentingnya.

Bagi yang sudah masuk ke akun blogger agan bisa langsung klik Entri baru.



Setelah itu akan muncul jendela untuk membuat postingan, disini kita akan coba menjelaskan secara detail beberapa bagian terpenting tools – tools yang membantu didalam pembuatan artikel.


Ada 6 bagian yang harus agan kuasai didalam mengoperasikannya, agar mudah memahaminya kita bagi beberapa bagian tools diatas dengan menggunakan warna.

Bagian pertama
Pada bagian pertama ini berfungsi untuk membuat judul postingan serta tempat penulisan artikel, untuk latihan Silahkan agan mencoba membuat sebuah judul semenarik mungkin setelah itu kemudian pindahkan kursor ke bagian penulisan artikel, untuk memulai membuat tulisan artikel pertamanya. Untuk contoh artikel di blog yang baik silahkan agan tiru blog – blog yang ada di internet yang sering agan baca, agar tulisan kita disukai banyak orang usahakan artikel yang dibuat menarik dengan gaya bahasa natural dan enak untuk dibaca.


Bagian Kedua
Untuk pengeditan tulisan ada pada bagian kedua ini, Agan bisa merubah tulisan atau memodifikasi tulisan dengan beberapa tools yang ada. Walaupun sangat sederhana tetapi bisa mewakilkan didalam penulisan artikel blog.


Seperti untuk menebalkan tulisan Bold memiringkan tulisan Italic ataupun memberikan garis bawah Underline, Perintah – perintah yang ada seperti format font yang ada pada Ms Word.

Tips bagi blogger pemula agar tulisan yang kita buat tidak memakan kuota atau pulsa bagi yang menggunakan modem, Agan bisa membuat terlebih dahulu artikelnya secara lengkap di Ms Word, setelah beres artikel tersebut agan copy ke notepad kemudian dari notepad di blok semua tulisannya dengan CTRL+A kemudian Copy lagi dan pastekan di entri blog agan.

Kenapa tidak dilakukan copy secara langsung,

Fungsinya adalah supaya postingan artikel yang agan buat di Ms Word source kode html yang ada di word tidak tercopykan ke blog kita sehingga meningkatkan kinerja kecepatan loading blog kita.

Bagian Ketiga
Ada dua bagian pada tools ini yaitu mode Compose dan Mode HTML , keduanya memiliki perbedaan didalam penulisan artikel, diantaranya :

Mode HTML
Mode ini merupakan mode yang berfungsi untuk membuat artikel dengan menggunakan perintah scrip atau bahasa pemograman. Dimana setiap kita menulis sebuah artikel blog  harus ditambahkan code pemograman, dan biasanya mode ini digunakan oleh para blogger yang berpengalaman.

Gunanya untuk memodifikasi artikel blog kita yang tidak bisa dikerjakan oleh mode compose.

Contoh misalnya kita akan membuat sebuah kalimat seperti dibawah.

Maka dengan menggunakan mode HTML kita tambahkan sebuah code programnya



Ada baris perintah <u> dan <b> dimana kedua perintah tersebut untuk memodifikasi tulisan menjadi bergaris bawah dan menebalkan tulisan ketika dipublikasikan.

Mode Compose
Mode ini merupakan mode berbasis WYSIWYG ( What You See Is What You Get ) Apa yang agan lihat itu yang agan dapatkan maksudnya didalam penulisan artikel dengan menggunakan metode Compose ini kita tinggal menulis saja artikelnya secara langsung, untuk mengedit tulisannya tinggal klik saja tombol yang dibutuhkan. Maka hasilnya akan bisa kita lihat secara langsung.

Sebagai contoh misalnya kita akan menulis

Maka untuk memberi garis pada tulisan Compose  dan penebalan hurup pada tulisan HTML tinggal mengklik saja tombol  U dan tombol B sangat mudah bukan.

Untuk blogger pemula gunakan saja mode Compose untuk menulis artikel

Bagian Keempat
Tools yang ada pada bagian keempat ini sebenarnya berfungsi untuk menambahkan komponen tambahan pada artikel blog kita misalnya saja mau menambahkan Gambar atau Video.


1. Add or Remove Link : Untuk menambahkan sebuah link atau menghapus link
2. Insert Image : Untuk menambahkan gambar
3. Insert a Video : Untuk menambahkan video pada artikel blog
4. Insert Special characters : Untuk menambahkan semuah emotion karakter
5. Insert Jump Break : untuk membuat artikel menjadi ringkasan.


Bagian kelima

 Pada bagian ini sebenarnya merupakan tools untuk mengeksekusi artikel ketika sudah kita buat. Fungsi – fungsinya tools diatas adalah sebagai berikut :

Publikasikan : Untuk mempublis atau menampilkan artikel di blog kita, untuk melihat hasilnya bisa menekan tombol  Lihat blog


Simpan : Untuk menyimpan artikel yang kita buat tanpa ditampilkan di blog kita
Pratinjau : Untuk meninjau hasil pada Blog kita
Tutup : Untuk menutup artikel yang kita buat.

Bagian Keenam
Hal yang wajib agan lakukan setelah selesai menulis artikel adalah mengsetting bagian Setelan Entri yang terdapat pada sebelah kanan editor daskboard blog agan.

Bagian ini sepertinya tidak berpengaruh padahal sangat berperan penting  untuk menentukan kualitas sebuah artikel atau sebagai alat pendukung kualitas sebuah artikel. Oleh karena itu saya akan memaparkan fungsi – fungsi dari tools setelan entri ini.

Ada 6 icon dasar pada setelan entri diantaranya, Label, Jadwal, Tautan permanen, Lokasi, Deskripsi Penelusuran, Pilihan


Fungsi Setelan Entri Pada Edit Posting Blog

LABEL
Label berfungsi untuk mengelompokan beberapa artikel yang akan agan publikasikan di blog berdasarkan  kriterianya. Sehingga memudahkan pembaca untuk mencari artikel berdasarkan kebutuhan yang dicarinya, dan bagi blogger sendiri memudahkan untuk mencari artikel apabila akan di update artikelnya ataupun untuk memudahkan didalam pembuatan menu berdasarkan kriterianya.

Penggunaanya sangat mudah tinggal klik saja tulisan labelnya kemudian Agan isi kriteria apa saja yang akan dikelompokan artikel yang akan kita buat, kemudian klik selesai jika sudah beres.



JADWAL, 
Pengaturan jadwal berfungsi untuk menampilkan postingan berdasarkan waktu yang kita buat, pengaturan jadwal artikel ini terbagi menjadi 2 bagian bisa diatur secara otomatis ataupun sesuai tanggal dan waktu yang agan kehendaki.

Jika Agan memilih otomatis, maka tanggal penerbitan akan disesuaikan dengan waktu saat agan membuat artikel tersebut. Jika agan pilih Setelan Tanggal dan Waktu  maka Agan bisa memilih kapan artikel agan akan dipublikasikan sesuai yang dikehendaki.



Link atau Tautan Permanen , 
Link atau tautan permanen ini pada dasarnya untuk memberikan penamaan pada alamat artikel yang kita buat ketika di publikasikan.  Sebagai contoh seperti penamaan alamat URL blog.

https://asiannet.blogspot.co.id/2017/08/panduan-blog-bagi-pemula.html

Ada 2 pilihan untuk penamaan link artikel,
Tautan permanen otomatis : untuk membuat alamat link secara otomatis
Tautan permanen khusus : Untuk membuat alamat tautan link yang dibuat oleh kita


Biasanya blogger membuat alamat otomatis berdasarkan judul postingan, jika judul yang dibuat panjang maka alamat urlnya akan panjang, maka kita buat secara khusus agar alamatnya menjadi pendek.

Untuk alamat yang dibuat usahakan 3 sampai 5 suku kata, agar alamat yang kita buat mudah dikenali mesin pencari.

Lokasi
 Lokasi ini berfungsi untuk mengatur dimana artikel yang agan buat akan dibagikan. Atau menghendaki lokasi mana yang dapat menjangkau artikel  yang nanti agan buat .

Untuk pilihan lokasi bagi blogger pemula Agan bisa mengosongkannya

Deskripsi Penelusuran 
Deskripsi penelusuran merupakan bagian untuk memberikan informasi  singkat pada sebuah artikel yang akan ditampilkan pada halaman penelusuran mesin pencari.

Fungsinya adalah untuk memberikan informasi pada pengunjung ataupun pada mesin pencari tentang isi dari artikel yang kita buat.

Bagi robot mesin pencari ini menjadi bahan penilaian untuk artikel blog yang kita buat apakah ada relevansi dengan kata kunci yang dicari atau tidak. Usahakan untuk blogger pemula untuk mengisinya untuk membantu meningkatkan rangking penilaian di mesin pencari.

Untuk deskripsi penelusuran yang tidak ada didalam setelan entri maka agan bisa mengaktifkannya di bagian setelan > preferensi penelusuran > dibagian deskripsi silahkan diaktifkan



Pilihan 
pada tombol ini berfungsi untuk mengatur Komentar pembaca apakah pembaca boleh berkomentar atau tidak, selain itu ada bagian mode tulis dan baris baru.

Sebenarnya bagian pilihan ini tidak terlalu penting untuk di edit, jadi pilihan ini tidak perlu agan rubah. Biarkan saja seperti settingan bawaan dari blogger.



Demikian artikel ini semoga ada manfaatnya.

Artikel lanjutan : Cara Mengganti Template Blog


0 Response to "6 Cara Memposting Artikel di Blog dengan Mudah untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel