Persiapan dan Panduan Blog Sukses bagi Pemula

TAHAPAN PRAKTIS CARA MEMBUAT BLOG SUKSES BAGI PEMULA

Terima kasih Anda yang sudah berkenan berkunjung ke blog ini, tulisan artikel blog ini sebenarnya hanya blog coretan pengalaman saja, tentang hal yang pernah saya pelajari dari sesuatu yang berkaitan dengan dunia blogging.

Tulisan ini saya buat karena saya merasa perlu berbagi pengalaman tentang dunia blogging, agar menjadi tolak ukur ketika anda memutuskan untuk belajar tentang membuat blog, di sini saya akan memaparkan sedikit tentang minset blogging dan tentunya teknis pembuatan blog dari awal sampai bisa jadi blog yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi hal layak.

Bagi mastah diabaikan saja, mohon masukannya atau tambahannya jika berkenan.

Sebenarnya membuat blog secara TEKNIS itu sangatlah mudah bisa anda pelajari dalam satu hari. Banyak sekali situs situs yang bagus yang bisa menjadi panduan, mungkin anda pernah berkunjung dan pernah merasa tertarik melihat situs blog seseorang kemudian anda suka dan mengaguminya.

Dan anda pun tertarik untuk belajar membuatnya atau bisa juga mendengar cerita temen – temen anda mungkin yang berhasil di dunia blogging dan bisa menghasilkan jutaan atau bahkan belasan atau ratusan juta rupiah ?

Kalo alasannya seperti diatas berarti anda hampir memiliki kesamaan dengan saya ^-^. Dan yang lebih menarik apapun alasannya tulisan ini mungkin bisa menjadi panduan yang tepat bagi anda.

Disini saya bukan hanya akan berbagi bagaimana membuat akun blog ataupun hal lainnya secara teknis, lebih dari itu saya juga akan berbagi pengalaman bagaimana menumbuhkan minat menjadi seorang blogger dan kita akan suka untuk menjalaninya. Bahkan bisa jadi kegiatan blog ini akan menjadi hobi anda yang baru apalagi sampai bisa menghasilkan finansial.

Tentunya tidak mudah membuat diri kita KONSISTEN dan SUKSES serta terus mencintai dunia blogging mungkin ada beberapa hal yang nanti akan saya bahas pada artikel ini yang barangkali bisa membakar semangat anda untuk lebih berkreasi.

O iya satu hal lagi yang lebih PENTING !!

Membuat blog itu tidak mudah tetapi juga tidak sulit, tapi hampir rata-rata blogger pemula biasanya akan gagal setelah 1-5 bulan pertama…itu pun terjadi pada saya dulu, dan hanya sedikit yang masih bertahan.

Kenapa bisa begitu?

Karena banyak diantara kita membuat blognya tanpa perencanaan.

Sehingga dibuatlah topik yang asal-asalan, kontennya tidak berkualitas, promosinya tidak jelas, asal ikut – ikutan orang lain, pokoknya serba berantakan.

Lalu apa yang terjadi blognya sepi pengunjung, dan akhirnya mereka bosan.

Saya bukan mau menakut-nakuti… ini benar -  benar terjadi dan saya alami sendiri.

Ternyata untuk membuat blog itu perlu perencanaan, dan perencanaan blog itu luar biasa pentingnya, supaya anda tidak buang-buang waktu, uang, dan tenaga.

Maka dari itu, sebelum kita memulai ke cara membuat blognya, alangkah baiknya akan saya bahas dulu persiapannya. Karena saya rasa ini sangat lah PENTING.

Bagi anda yang tertarik ingin bisa menjadi blogger yang konsisten silahkan baca terus sampai selesai ke bawah supaya berurutan jika ingin langsung mempelajari teknisnya pun kami persilahkan.

klik menuju daftar isi >>>

Apa saja yang harus kita persiapkan untuk menjadi blogger yang Konsisten dan Sukses.

 Persiapkan Mental Anda terlebih dahulu

Disini saya akan mengulas dulu sedikit tentang mental seorang blogger.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sifat manusia itu selalu ingin mengetahui dan selalu tertarik dengan apa yang di capai orang, tanpa melihat proses yang mereka lakukan selama ini sebelumnya.
Tapi itu bukanlah hal yang jelek selama kita bisa menyikapinya dengan baik.

Coba kita rubah terlebih dahulu mainset kita sebagai seorang blogger, karena aktivitas blogger itu sangat mulia diantaranya :

A. Kita akan selalu belajar setiap hari untuk menuntut ilmu, dengan membaca terus artikel yang kita butuhkan.

B. Kita akan terus menulis, karena ilmu yang didapat haruslah ditulis lagi biar terus diingat dan membekas di otak kita.

C. Kita akan terus berbagi dengan sesama, karena saya yakin ilmu yang diamalkan akan terus bertambah maka aktivitas blogger ini adalah kegiatan yang sangat mulia.

D. Dan untuk berpenghasilan di blogger pun akan terjadi pada akhirnya, dan menjadi indah pada waktunya. Karena saya yakin bahwa usaha tidak akan menghiananti hasil

Jangan melihat kesuksesan seseorang tetapi lihatlah proses yang akan kita capai nanti


Yang selanjutnya yang tidak kalah pentingnya

Tentukan topik /  niche minat blog Anda

Anda mungkin akan berpikir tahap ini tidaklah begitu penting hanya memilih topik. Padahal kenyataannya tahap ini yang paling penting dalam persiapan.

Mari saya beritahu 1 fakta:

Setiap hari ada 2,73 Juta konten baru yang diterbitkan blog dari seluruh dunia.
Lebih dari 70% dari blog-blog tersebut hanya mendapatkan kurang dari 5.000 pengunjung per bulan, atau sekitar 150 per hari.

Sumber : panduanIM.com

Sangat miris bukan ?

Sebenarnya  hal tersebut tidaklah aneh karena banyak di antara kita yang hanya membuat blog yang asal – asalan, sehingga topiknya pun asal – asalan, asal jadi asal SEO asal banyak pengunjung. Sehingga pikiran kita akan terpecah dan akhirnya tidak focus, dan yang saya khawatirkan tidak sesuai dengan hobi dan keahlian kita.

Yang pada akhirnya putus di tengah jalan

Jadi tugas utama Anda sebagai seorang pemula sekarang adalah tentukan topik blog Anda sesuai minat dan hobi terlebih dahulu. Agar bisa membuat topik – topik yang berkualitas karena kita menguasainya. Dan topik tersebut dianggap menarik bagi orang lain.

Baru setelah sukses dan konsisten silahkan bisa membuat blog dengan nice yang lainnya.
Itu kuncinya.

Kalau anda memilih topik yang tidak anda kuasai maka, akibatnya:
1. Membuat konten akan menjadi sulit
2. Konten yang sudah dibuat sudah pasti tidak berkualitas karena tidak menguasai
3. Anda akan cepat menyerah karena bosan

Coba saja kita berpikir. Seandainya kita tidak tertarik dengan topik yang kita buat asal – asalan, apakah mungkin kita bisa paham dengan topik tersebut dan bisa membantu orang lain yang memiliki topik yang sama ?.

Sangat sulit…apalagi bagi seorang pemula.

Satu pertanyaan lagi yang dulu saya ingat, topik mana sih yang bisa menghasilkan uang ?

Kalo kita amati hampir semua blog dengan topik yang berbeda semuanya dipasang iklan, saya yakin semua topik pun bisa menghasilkan uang, karena ujung tombak berpenghasilan di internet adalah traffik atau pengunjung yang banyak dan tertarget, dan pengunjung datangnya dari topik yang kita sajikan sangat menarik banyak orang.

Setuju yah………..

Jadi, jangan pilih topik yang anda suka sehingga tidak menarik bagi anda.

Cari platform blog yang tepat untuk anda Pilih

Beberapa proses terberat diatas yang sudah kita baca telah kita lalui
Sekarang kita memulai  dan mengkerucut ke arah teknis.

Banyak sekali platform yang bisa kita gunakan didunia blogging, tetapi saya tidak akan membahas semuanya, hanya beberapa saja yang sangat popular di Indonesia.

Ini 3 pilihan yang paling populer:
1. Blogspot.com — gratis (hosted)
2. WordPress.com — gratis (hosted)
3. WordPress.org — berbayar (self hosted)

Baik apa yang menjadi perbedaan diantara keduanya, tentunya sangat berbeda sekali kalo yang hosted ini berarti blog yang anda punyai akan menumpang pada blog orang lain atau layanan penyedia blog. Sehingga akan ada embel –embel domain orang di belakangnya.

Misalnya saja sebagai contoh asiannet.blogspot.com atau asiannet.wordpress.com

Sedangkan yang self hosted kebalikannya anda akan memiliki sepenuhnya domain yang anda inginkan, misalnya saja sebagai contoh asiannet.com, akan tetapi tentu saja butuh persyaratan untuk memiliki self hosted diantaranya harus mengeluarkan uang untuk membeli hosting dan domain sendiri .

Kalo saya ibaratkan yang hosted kita seolah – olah tinggal tetapi di gedung milik orang, sedangkan self hosted seolah – olah kita memiliki tempat tinggal sendiri.

Silahkan pilihan ada ditangan Anda, tentunya untuk yang blog hosted sangat mudah untuk memilikinya, sedangkan self hosted perlu sedikit pengetahuan dasar tentang domain dan hosting.
Untuk pemula Anda bisa menggunakan blog yang gratis karena pembuatannya sangat mudah dan tidak perlu banyak hal yang dipelajari terlebih dahulu, setelah paham kita bisa belajar untuk berpindah hostingnya pada yang berbayar.

Bagi saya sendiri saya lebih senang menggunakan flatform blogspot karena blog ini terintegrasi dengan beberapa flatform yang lainnya sehingga tidak banyak membuat akun yang memakan banyak waktu.

Misalnya layanan emailnya ada gmail.com untuk videonya ada youtube, untuk layanan android ada palystore, dan masih banyak yg lainnya yang hanya cukup satu akun yang bisa kita gunakan pada beberapa platform.

Memang pada dasarnya penggunaan blogger agak sedikit kaku dari pada wordpress, tapi salah satu kelebihan blogger mudah untuk demonetize untuk google adsense, karena mungkin blogger masih bagian dari perusahaan besar google.

Saya sarankan bagi seorang pemula memilih platform blogspot untuk bloggingnya, karena sangat simple dan sangat mudah, bahkan untuk membuat artikelnya pun seperti kita mengetik di Ms Word.
Sekali lagi pilihan itu tidaklah mesti dan mutlak tergantung dari minatnya masing – masing. Kalo untuk edukasi silahkan boleh untuk mencoba semuanya.

Dan satu hal yang paling penting dari tulisan diatas tentunya kita mencoba berlatih dan terus berlatih baik secara teknis ataupun belajar untuk membuat konten yang baik, sampai kita berhasil membuat konten yang berqualitas yang tentunya layak untuk dibaca dan bermanfaat bagi orang lain.

Untuk bisa sejalan dengan keinginan anda tentunya harapan saya anda bisa mempelajarinya serta praktek yang terus berkesinambungan, dan mempelajari langkah demi langkah dari beberapa artikel yang akan saya bahas berikutnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

0 Response to "Persiapan dan Panduan Blog Sukses bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel